Kabupaten Rokan Hilir Raih Penghargaan Anugerah Meritokrasi 2023 dengan Predikat Baik
Kabupaten Rokan Hilir Raih Penghargaan Anugerah Meritokrasi 2023 dengan Predikat Baik

Bertempat di Marriott Hotel, Kraton Grand Ballroom, Yogyakarta, Kamis 7 Desember 2023, Kabupaten Rokan Hilir menerima penghargaan dengan kategori “Baik” sebagai instansi yang telah menerapkan sistem merit dalam Manajeman ASN. Mewakili Bupati Rokan Hilir, Sekretariat Kabupaten Rokan Hilir, Fauzi Efrizal, S.Sos., M.Si menerima penghargaan tersebut pada Anugerah Meritokrasi Tahun 2023 yang diadakan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024, telah ditetapkan sasaran Reformasi Birokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan sebagai sebuah Arah Kebijakan dan Strategi Nasional, yang salah satu indikatornya adalah Persentase Instansi Pemerintah dengan Indeks Sistem Merit Kategori ≥ “Baik” (Kategori “Baik” dan “Sangat Baik”).

KASN telah melaksanakan serangkaian kegiatan pembinaan dan penilaian. Adapun kegiatan tersebut terdiri dari penetapan hasil penilaian Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN, penetapan kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi, dan penetapan tingkat kepatuhan Penerapan Norma Dasar, Kode Etik, dan Kode Perilaku ASN di instansi pemerintah. Pada tahun 2023 terdapat 141 Instansi Pemerintah yang memperoleh Kategori Indeks Sistem Merit “Sangat Baik” dan “Baik”, termasuk Kabuparen Rokan Hilir yang memperoleh nilai 252.5 dengan Kategori “Baik”.

Dalam birokrasi yang andal dan berkelas dunia, diperlukan ASN yang profesional. Untuk itu, perlu diterapkan sistem merit yang baik di seluruh instansi pemerintah. Sebagai bentuk apresiasi terhadap instansi pemerintah, KASN memberikan penghargaan dalam kegiatan “Anugerah Meritokrasi 2023” guna mengakselerasi implementasi penerapan sistem merit instansi pemerintah di Indonesia.